BRIEFING UJI KINERJA (UKin) BAGI MAHASISWA PPG DALJAB BATCH-3 TAHUN 2022 LPTK IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

Selasa, 3 Januari 2023 Prodi PPG LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo mengadakan kegiatan Briefing Uji Kinerja (UKin) bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Daljab Batch-3 Kementerian Agama RI Tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baik mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun mahasiswa PPG Daljab Madrasah.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Dr. H. Said Subhan Posangi, M.Pd.I dalam sambutannya emberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk tetap bersungguh-sungguh dan semangat dalam mengikuti tahapan selanjutnya Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPGG) yang didahului dengan Uji Kinerja  (UKin) sampai pada Uji Pengetahuan (UP) nantinya sesuai schedule dijadwalkan tanggal 28-29 Januari 2023. Tak lupa Dekan mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa PPG Daljab Batch-3 yang telah menyelesaikan tahap akhir Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada proses penyelenggaraan PPG untuk kembali  melanjutkan perjuangannya ke tahap selanjutnya UKMPPG.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian secara teknis terkait Mekanisme Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) oleh Dr. Lian G. Otaya, M.Pd sebagai Kaprodi PPG LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo. Penyampaian diawali dengan penjelasan UKMPPG yang terdiri dari Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). Untuk UKin terdiri dari Portofolio  dan Praktik Pembelajaran. Pada penilaian portofolio merupakan kegiatan penilaian dalam PPG terkait dengan capaian pembelajaran ketujuh (CP 7) dalam program PPG yaitu guru mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional yang dibuktikan dengan kegiatan: 1) Penelitian dan publikasi; 2) Refleksi diri; 3) Pencarian informasi baru; dan 4) Karya Inovasi; 5) Prestasi melalui kompetisi; 6) Pengabdian kepada masyarakat. Dari keenam komponen terdapat komponen utama berupa : penelitian dan publikasi, refleksi diri, pencarian informasi baru, inovasi dan komponen pendukung berupa  prestasi melalui kompetensi dan pengabdian masyarakat. Sementara Uji Praktik Pembelajaran berupa video praktik pembelajaran dilengkapi dengan perangkat pembelajaran secara lengkap mulai dari RPP, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Media dan Instrumen Penilaian.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian secara detail setiap item berkas portofolio, perangkat pembelajaran serta video praktik pembelajaran. Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Pengelola Dr. Herson Anwar, M.Pd tentang fokus penilaian dalam UKin praktik pembelajaran terdiri atas, ketepatan alur dan tahapan proses pembelajaran, RPP,  kualitas interaksi dengan siswa,  penggunaan media, hingga kemampuan melakukan evaluasi dan umpan balik di akhir proses pembelajaran.

Dokumentasi Kegiatan: